LAPORAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

  1. A.     LATAR BELAKANG

Pendidikan memegang peranan sentral dalam pembangunan nasional. Program pemerintah pasti membutuhkan dana yang sangat besar baik dari pemerintah maupun dari swadaya masyarakat. Keberhasilan pembangunan tidak hanya ditentukan oleh tersedianya dan dan sarana prasarana yang memadai, namun yang sangat penting adalah kualitas sumber daya manusia yang terampil dan handal dalam bidangnya sebagai roda penggerak pembangunan tersebut. Karena sumber daya manusia sebagai faktor penentu keberhasilan pembangunan nasional. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan sumber daya manusia melalui jalur pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Sampai saat ini masyarakat di daerah terpencil atau daerah pedesaan sebagian besar hidup dengan tingkat kemiskinan dan kemampuan berpikir yang rendah. Oleh karena itu dengan adanya pendidikan dan pelatihan keterampilan diharapkan agar sumber daya manusianya meningkat dan dapat meningkatkan kemampuannya demi memperoleh kelayakan hidup dan akhirnya dapat meningkatkan taraf hidupnya serta berpartisipasi dalam pembangunan.

 

  1. B.     DASAR
    1. Undang-undang Dasar 1945:
      1. Ayat 1 (Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan)
      2. Ayat 3 (Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mncerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan Undang-undang.
  2. Program Pemerintah
    1. Undang-undang Nomor 2 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional yang di dalamnya terdapat tiga jalur pendidikan yaitu:  formal, masyarakat, dan keluarga.
    2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar nasional Pendidikan, diseluruh jenjang pendidikan baik pendidikan yang diselenggarakan pihak swasta maupun pemerintah di pusat maupun daerah.
  3. Tanggung jawab moral

Sebagai tenaga pendidik mempunyai tanggung jawab ikut peduli terhadap dunia pendidikan.

 

  1. C.     TUJUAN
    1. Mahasiswa

Memahami tugas mata kuliah Pendidikan Berwawasan Kemasyarakatan dan untuk meningkatkan kemampuannya sebagai tenaga pendidikan yang diamankan oleh undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.

  1. Warga belajar

Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendekatan berbasis kemasyarakatan sehingga warga belajar mampu atau dapat membaca, menulis dan berhitung.

 

  1. D.    HASIL YANG DIHARAPKAN
    1. Mahasiswa

Melalui praktik KF ini para mahasiswa (tutor) dapat memperoleh keterampilan dalam kehidupan sosial serta memberi kontribusi dalam masyarakat di lingkungannya, serta untuk berlatih menjadi tutor pada program pembelajaran keaksaraan fungsional (KF).

  1. Warga Belajar

Memperoleh keterampilan yang diminati sebagai peningkatan kualitas dirinya, sehingga mampu membaca, menulis, dan berhitung.

 

 

 

 

BAB II

PERSIAPAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

  1. DATA PRIBADI WARGA BELAJAR
    1. Nama                     : Kasmini

Tanggal lahir           : 07 Mei 1965

Tempat lahir           : Kebumen

Umur                      : 47 Tahun

Jenis Kelamin         : Perempuan

Alamat                   : Desa Pakuran, Sruweng

Rt/Rw                    : 01/01 Desa/Dusun Pakuran,   Kec. Sruweng

Status dalam Keluarga        :

1.Suami                              2. Istri                          3. Anak

4.Orangtua/Mertua 5.Lain-lain

Status Perkawinan              :

1.Kawin                             2. Tidak kawin 3.Duda/Janda

Pekerjaan                           :

1.Pedagang

2.Nelayan

3.Petani

4.Peternak

5.Petambak

6.Buruh tani/bangunan

7.Sopir pribadi/angkutan

8.Tukang ojek/becak

9.Pembantu rumah tangga

10.Tidak Bekerja

11. Lain-lain

  1. Nama                     : Sri Sulastri

Tanggal lahir           : 27 Februari 1966

Tempat lahir           : Kebumen

Umur                      : 46 tahun

Jenis Kelamin         : Perempuan

Alamat                   : Desa Pakuran, Sruweng

Rt/Rw                    : 01/01 Desa/Dusun Pakuran,   Kec. Sruweng

Status dalam Keluarga        :

1.Suami                              2. Istri                          3. Anak

4.Orangtua/Mertua 5.Lain-lain

Status Perkawinan              :

1.Kawin                             2. Tidak kawin 3.Duda/Janda

Pekerjaan                           :

1.Pedagang

2.Nelayan

3.Petani

4.Peternak

5.Petambak

6.Buruh tani/bangunan

7.Sopir pribadi/angkutan

8.Tukang ojek/becak

9.Pembantu rumah tangga

10.Tidak Bekerja

11. Lain-lain

  1. Nama                     : Lis Sa’idah

Tanggal lahir           : 19 Mei 1980

Tempat lahir           : Kebumen

Umur                      : 32 tahun

Jenis Kelamin         : Perempuan

Alamat                   : Desa Pakuran, Sruweng

Rt/Rw                    : 01/01 Desa/Dusun Pakuran,   Kec. Sruweng

Status dalam Keluarga        :

1.Suami                              2. Istri                          3. Anak

4.Orangtua/Mertua 5.Lain-lain

Status Perkawinan              :

1.Kawin                             2. Tidak kawin 3.Duda/Janda

Pekerjaan                           :

1.Pedagang

2.Nelayan

3.Petani

4.Peternak

5.Petambak

6.Buruh tani/bangunan

7.Sopir pribadi/angkutan

8.Tukang ojek/becak

9.Pembantu rumah tangga

10.Tidak Bekerja

11. Lain-lain

  1. Nama                     : Siti Nasiah

Tanggal lahir           : 30 Desember 1980

Tempat lahir           : Kebumen

Umur                      : 32 tahun

Jenis Kelamin         : Perempuan

Alamat                   : Desa Pakuran, Sruweng

Rt/Rw                    : 01/01 Desa/Dusun Pakuran,   Kec. Sruweng

Status dalam Keluarga        :

1.Suami                              2. Istri                          3. Anak

4.Orangtua/Mertua 5.Lain-lain

Status Perkawinan              :

1.Kawin                             2. Tidak kawin 3.Duda/Janda

Pekerjaan                           :

1.Pedagang

2.Nelayan

3.Petani

4.Peternak

5.Petambak

6.Buruh tani/bangunan

7.Sopir pribadi/angkutan

8.Tukang ojek/becak

9.Pembantu rumah tangga

10.Tidak Bekerja

11. Lain-lain

  1. Nama                     : Parmiyah

Tanggal lahir           : 19 Juni 1960

Tempat lahir           : Kebumen

Umur                      : 52 tahun

Jenis Kelamin         : Perempuan

Alamat                   : Desa Pakuran, Sruweng

Rt/Rw                    : 01/01 Desa/Dusun Pakuran,   Kec. Sruweng

Status dalam Keluarga        :

1.Suami                              2. Istri                          3. Anak

4.Orangtua/Mertua 5.Lain-lain

Status Perkawinan              :

1.Kawin                             2. Tidak kawin 3.Duda/Janda

Pekerjaan                           :

1.Pedagang

2.Nelayan

3.Petani

4.Peternak

5.Petambak

6.Buruh tani/bangunan

7.Sopir pribadi/angkutan

8.Tukang ojek/becak

9.Pembantu rumah tangga

10.Tidak Bekerja

11. Lain-lain

  1. B.     PENILAIAN AWAL KEAKSARAAN FUNGSIONAL WARGA BELAJAR

 

Nama Kasmini
Tempat tanggal lahir Kebumen, 07 Mei 1965
Jenis kelamin Perempuan
Pendidikan terakhir SD
Alamat Desa Pakuran 01/01
Ketrampilan/pekerjaan yang dimiliki WB Buruh
Keterampilan yang diminati WB Memasak
Harapan/keinginan setelah masuk/mengikuti pembelajaran keaksaraan fungsional Ingin bisa menulis dan berhitung dengan baik

 

Keterampilan membaca, menulisdan berhitung (calistung)

 

Keterampilan calistung keterangan
  1. Menulis
 
  1. Belum kenal huruf secara lengkap tetapi mampu menyalin tulisan yang dibuat oleh tutor.
-
  1. Mengenal huruf, kata tetapi masih perlu bantuan orang lain untuk merangkai kata atau menulis kalimat.
-
  1. Mengenal kata, dapat menyusun kalimat tanpa bantuan orang lain.
  1. Membaca
 
  1. Belum mengenal huruf secara lengkap
-
  1. Mengenal huruf tetapi belum dapat merangkai huruf menjadi kata
-
  1. Dapat membaca kata dengan dieja
-
  1. Membaca kata dan kalimat sederhana dengan benar
  1. Membaca satu paragraf sederhana dengan benar
  1. Berhitung
 
  1. Mengenal angka satuan dan puluhan
  1. Mengenal angka ratusan dan ribuan
  1. Mengenal dan dapat menggunakan simbol hitung + dan -
  1. Mengenal dan dapat menggunakan simbol hitung x dan :
  1. Mengenal dan dapat menggunakan satuan seperti kg, cm dsb

 

 

Nama Sri Sulastri
Tempat tanggal lahir Kebumen, 27 Februari 1966
Jenis kelamin Perempuan
Pendidikan terakhir SD
Alamat Desa pakuran 01/01
Ketrampilan/pekerjaan yang dimiliki WB Buruh
Keterampilan yang diminati WB memasak
Harapan/keinginan setelah masuk/mengikuti pembelajaran keaksaraan fungsional Ingin membaca, menulis dengan baik.

 

Keterampilan membaca, menulisdan berhitung (calistung)

 

Keterampilan calistung keterangan
  1. Menulis
 
  1. Belum kenal huruf secara lengkap tetapi mampu menyalin tulisan yang dibuat oleh tutor.
-
  1. Mengenal huruf, kata tetapi masih perlu bantuan orang lain untuk merangkai kata atau menulis kalimat.
-
  1. Mengenal kata, dapat menyusun kalimat tanpa bantuan orang lain.
  1. Membaca
 
  1. Belum mengenal huruf secara lengkap
-
  1. Mengenal huruf tetapi belum dapat merangkai huruf menjadi kata
-
  1. Dapat membaca kata dengan dieja
-
  1. Membaca kata dan kalimat sederhana dengan benar
  1. Membaca satu paragraf sederhana dengan benar
  1. Berhitung
 
  1. Mengenal angka satuan dan puluhan
  1. Mengenal angka ratusan dan ribuan
  1. Mengenal dan dapat menggunakan simbol hitung + dan -
  1. Mengenal dan dapat menggunakan simbol hitung x dan :
  1. Mengenal dan dapat menggunakan satuan seperti kg, cm dsb

 

 

Nama Lis Sa’idah
Tempat tanggal lahir Kebumen, 19 Mei 1980
Jenis kelamin Perempuan
Pendidikan terakhir SD
Alamat Desa pakuran 01/01
Ketrampilan/pekerjaan yang dimiliki WB Ibu Rumah Tangga
Keterampilan yang diminati WB Memasak
Harapan/keinginan setelah masuk/mengikuti pembelajaran keaksaraan fungsional Ingin belajar berhitung dengan baik.

 

Keterampilan membaca, menulisdan berhitung (calistung)

 

Keterampilan calistung keterangan
  1. Menulis
 
  1. Belum kenal huruf secara lengkap tetapi mampu menyalin tulisan yang dibuat oleh tutor.
-
  1. Mengenal huruf, kata tetapi masih perlu bantuan orang lain untuk merangkai kata atau menulis kalimat.
-
  1. Mengenal kata, dapat menyusun kalimat tanpa bantuan orang lain.
  1. Membaca
 
  1. Belum mengenal huruf secara lengkap
-
  1. Mengenal huruf tetapi belum dapat merangkai huruf menjadi kata
-
  1. Dapat membaca kata dengan dieja
-
  1. Membaca kata dan kalimat sederhana dengan benar
  1. Membaca satu paragraf sederhana dengan benar
  1. Berhitung
 
  1. Mengenal angka satuan dan puluhan
  1. Mengenal angka ratusan dan ribuan
  1. Mengenal dan dapat menggunakan simbol hitung + dan -
  1. Mengenal dan dapat menggunakan simbol hitung x dan :
  1. Mengenal dan dapat menggunakan satuan seperti kg, cm dsb

 

 

Nama Siti Nasiah
Tempat tanggal lahir Kebumen,30 Desember 1980
Jenis kelamin Perempuan
Pendidikan terakhir SD
Alamat Desa Pakuran 01/01
Ketrampilan/pekerjaan yang dimiliki WB Ibu Rumah tangga
Keterampilan yang diminati WB Memasak
Harapan/keinginan setelah masuk/mengikuti pembelajaran keaksaraan fungsional Ingin belajar menulis dan berhitung.

 

Keterampilan membaca, menulisdan berhitung (calistung)

 

Keterampilan calistung keterangan
  1. Menulis
 
  1. Belum kenal huruf secara lengkap tetapi mampu menyalin tulisan yang dibuat oleh tutor.
-
  1. Mengenal huruf, kata tetapi masih perlu bantuan orang lain untuk merangkai kata atau menulis kalimat.
-
  1. Mengenal kata, dapat menyusun kalimat tanpa bantuan orang lain.
  1. Membaca
 
  1. Belum mengenal huruf secara lengkap
-
  1. Mengenal huruf tetapi belum dapat merangkai huruf menjadi kata
-
  1. Dapat membaca kata dengan dieja
-
  1. Membaca kata dan kalimat sederhana dengan benar
  1. Membaca satu paragraf sederhana dengan benar
  1. Berhitung
 
  1. Mengenal angka satuan dan puluhan
  1. Mengenal angka ratusan dan ribuan
  1. Mengenal dan dapat menggunakan simbol hitung + dan -
  1. Mengenal dan dapat menggunakan simbol hitung x dan :
  1. Mengenal dan dapat menggunakan satuan seperti kg, cm dsb

 

 

Nama Parmiyah
Tempat tanggal lahir Kebumen,19 Juni 1960
Jenis kelamin Perempuan
Pendidikan terakhir SD
Alamat Desa Pakuran 01/01
Ketrampilan/pekerjaan yang dimiliki WB Buruh
Keterampilan yang diminati WB Memasak
Harapan/keinginan setelah masuk/mengikuti pembelajaran keaksaraan fungsional Ingin agar membaca, menulis lancar.

 

Keterampilan membaca, menulisdan berhitung (calistung)

 

Keterampilan calistung keterangan
  1. Menulis
 
  1. Belum kenal huruf secara lengkap tetapi mampu menyalin tulisan yang dibuat oleh tutor.
-
  1. Mengenal huruf, kata tetapi masih perlu bantuan orang lain untuk merangkai kata atau menulis kalimat.
-
  1. Mengenal kata, dapat menyusun kalimat tanpa bantuan orang lain.
  1. Membaca
 
  1. Belum mengenal huruf secara lengkap
-
  1. Mengenal huruf tetapi belum dapat merangkai huruf menjadi kata
-
  1. Dapat membaca kata dengan dieja
-
  1. Membaca kata dan kalimat sederhana dengan benar
  1. Membaca satu paragraf sederhana dengan benar
  1. Berhitung
 
  1. Mengenal angka satuan dan puluhan
  1. Mengenal angka ratusan dan ribuan
  1. Mengenal dan dapat menggunakan simbol hitung + dan -
  1. Mengenal dan dapat menggunakan simbol hitung x dan :
  1. Mengenal dan dapat menggunakan satuan seperti kg, cm dsb

 

 

     C.  KESEPAKATAN BELAJAR

Nama Pokjar                : Keaksaraan Fungsional PUSPITA

Alamat Pokjar              : Desa Pakuran Rt/w: 01/01

Nama tutor                   : 1. Nur Endah Puspita Arum

2. Tuginah

Jumlah WB                   : 10 orang

Waktu belajar               : Selasa dan Kamis (14.00-16.00)

No Materi yang diminati WB Jumlah Pertemuan Narasumber
1. Membaca 5 kali Tutor
2. Menulis 5 kali Tutor
3. Berhitung 5 kali Tutor

 

No Nama Warga Belajar Tanda Tangan
1. Kasmini  
2. Sri Sulastri  
3. Lis Sa’idah  
4. Siti Nasiah  
5. Parmiyah  

 

Pakuran,   13 November 2012

 

Mengetahui

Penyelenggara

KF PUSPITA

 

 

Mardiyah

Tutor

 

 

 

Syaefuddin

 

 

 

  1. D.    MATRIK KEGIATAN CALISTUNG

 

Topik Belajar Kegiatan Membaca dan Menulis Kegiatan Berhitung Kegiatan Terapan/Praktek
Alat transpor-tasi -         Membacakan

nama-nama alat transportasi (darat, air, dan udara)

-         Menuliskan nama-nama alat transportasi (darat, air dan udara)

-         Menulis kalimat sederhana tentang alat transportasi (aku pergi ke Jakarta naik Kereta Api, dsb)

-         Membacakan kalimat sederhana tentang alat transportasi.

-         Menghitung alat transportasi darat, air dan udara.

-         Menghitung jumlah alat transportasi darat, air dan udara.

Mengisi formulir pemesanan tiket kereta api
Aneka kue -         Menuliskan aneka jenis kue.

-         Membaca nama jenis-jenis kue.

-         Menuliskan nama-nama kue kering dan basah.

-         Membacakan nama-nama kue kering dan basah.

-         Menuliskan resep membuat kue.

-         Membacakan resep membuat kue.

-         Ukuran bahan

-         Harga bahan

-         Harga jual

Membuat kue
  1. E.     RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Pertemuan Ke- Kegiatan Pembelajaran Waktu
Bulan ke 1    
Pertemuan 1 Membuat kesepakatan belajar 1 kali @ 2jam
Pertemuan 2 Belajar menulis dan membaca alat transportasi darat, air dan udara 1 kali @ 2jam
Pertemuan 3 Membacakan kalimat sederhana tentang alat transportasi. 1 kali @ 2jam
Pertemuan 4 Menghitung alat transportasi darat, air dan udara. 1 kali @ 2jam
Pertemuan 5 Menghitung jumlah alat transportasi darat, air dan udara 1 kali @ 2jam
Pertemuan 6 Mengisi formulir pemesanan tiket kereta api 1 kali @ 2jam
Bulan ke 2    
Pertemuan 7 Menuliskan aneka jenis kue dan Membaca nama jenis-jenis kue. 1 kali @ 2jam
Pertemuan 8 Menuliskan nama-nama kue kering dan basah dan membacakan nama-nama kue kering 1 kali @ 2jam
Pertemuan 9 Menuliskan resep membuat kue 1 kali @ 2jam
Pertemuan 10 Membacakan resep membuat kue 1 kali @ 2jam
Pertemuan 11 Menghitung ukuran bahan 1 kali @ 2jam
Pertemuan 12 Menghitung harga bahan dan harga jual 1 kali @ 2jam
Pertemuan 13 Membuat kue 1 kali @ 2jam
Pertemuan 14 Evaluasi pembelajaran membaca dan menulis 1 kali @ 2jam
Pertemuan 15 Evaluasi pembelajaran menghitung 1 kali @ 2jam

BAB III

PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

  1. A.     Kegiatan Pembelajaran yang dilaksanakan

Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan berlangsung selama 15 kali pertemuan. Setiap satu Minggu ada 2 pertemuan dengan masing-masing waktu pembelajaranan selama 2 jam. Pertemuan tutorial dengan warga belajar dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis pada Pukul 14.00 – 16.00 WIB, di Desa Pakuran RT/RW: 01/01.

Kegiatan pembelajaran yang ditutorialkan ada 2 topik pembelajaran, yaitu dengan topik alat transportasi dan aneka kue. Pada topik alat transportasi ada 6 kali tutorial dan pada topik aneka kue ada 9 kali tutorial. Sehingga secara keseluruhan ada 15 kali tutorial dengan warga belajar KF PUSPITA, Desa pakuran, Kec. Sruweng, Kabupaten Kebumen.

 

  1. B.     Bahan belajar, media, dan nara sumber

Bahan belajar :

-         Buku                            – Peralatan membuat kue

-         Alat tulis                       – Bahan-bahan membuat kue

-         Bangku

-         Meja

Media                         :

-         Gambar- gambar alat transportasi (darat, air, dan laut)

-         Resep membuat kue

Nara Sumber              :

  1. Nur Endah Puspita Arum
  2. Tuginah
  3. C.     Hambatan dan strategi mengatasi hambatan/cara pemecahan masalah

Hambatan yang timbul dalam pembelajaran

  1. Warga belajar tidak dapat hadir tepat waktu
  2. Warga belajar tidak dapat hadir seluruhnya

 

Strategi mengatasi hambatan/cara pemecahan masalah

  1. Warga belajar yang terlambat hadir ditunggu kehadirannya dan diberi motivasi untuk hadir tepat waktu
  2. Warga belajar yang tidak hadir diberi motivasi agar mau hadir pada setiap tutorial

 

  1. D.    Komentar tentang kemajuan dan hasil belajar warga belajar.

 

Nama WB Komentar
Kasmini Ingin bisa menulis dan berhitung dengan baik
Sri Sulastri Ingin membaca, menulis dengan baik.
Lis Sa’ida Ingin belajar berhitung dengan baik.
Siti Nasiah Ingin belajar menulis dan berhitung.
Parmiyah Ingin agar membaca, menulis lancar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

EVALUASI/PENIALAIAN AKHIR PEMBELAJARAN

 

  1. A.     Proses dan Waktu Pelaksanaan Penilaian Akhir Pembelajaran

Proses penialaian akhir pembelajaran berlangsung dengan lancar. Para Warga Belajar (WB) tidak menemukan kendala yang berarti. Penialaian akhir pembelajaran dilaksanakan pada minggu terakhir tutorial yaitu pada tanggal 30 Oktober dan 1 November.

Pada tanggal 30 Oktober pukul 14.00-16.00 WIB diadakan evaluasi tentang kemampuan membaca dan menulis para Warga belajar (WB) KF ”PUSPITA”. Dan pada tanggal 01 November pukul 14.00 – 16.00 WIB diadakan evaluasi menghitung bagi para Warga Belajar (WB) KF ”PUSPITA”.

 

  1. B.     Hasil Penilaian Akhir Pembelajaran
    1. Nama : Kasmini

 

No Mata Pelajaran Nilai
1. Membaca Baik
2. Menulis Baik
3. Berhitung Baik
4. Pendidikan kecakapan hidup Baik

 

  1. Nama : Sri Sulastri

 

No Mata Pelajaran Nilai
1. Membaca Baik
2. Menulis Baik
3. Berhitung Baik
4. Pendidikan kecakapan hidup Baik

 

  1. Nama : Lis Sa’idah

 

No Mata Pelajaran Nilai
1. Membaca Sangat Baik
2. Menulis Baik
3. Berhitung Baik
4. Pendidikan kecakapan hidup Baik

 

 

  1. Nama : Siti Nasiah

 

No Mata Pelajaran Nilai
1. Membaca Sangat Baik
2. Menulis Baik
3. Berhitung Baik
4. Pendidikan kecakapan hidup Baik

 

  1. Nama : Parmiyah

 

No Mata Pelajaran Nilai
1. Membaca Baik
2. Menulis Baik
3. Berhitung Baik
4. Pendidikan kecakapan hidup Baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

PENUTUP

 

  1. A.     KESIMPULAN
    1. Praktik pendidikan berwawasan kemasyarakatan dapat mengurangi kuantitas penduduk buta aksara dengan tanda bukti diterimanya SUKMA III bagi seluruh warga belajar KF tingkat dasar.
    2. Praktik pendidikan kemasyarakatan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi era globalisasi terutama kemampuan membaca, menulis dan berhitung.
    3. B.     SARAN

Sebaiknya untuk program keaksaraan fungsional dapat dilaksanakan terus dan perlu adanya perpustakaan tingkat desa, sehingga para warga belajar akan lebih mudah dalam mencari referensi bacaan yang diperlukan untuk mengatasi persoalan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. C.     HARAPAN
    1. Diharapkan antar pihak warga belajar dan pihak desa dapat saling bekerjasama dan terus menerus meningkatakan pengetahuan di bidanbg calistung sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat desa tersebut.
    2. Untuk menambah keterampilan, para warga belajar diharapkan mampu secara mandiri mempraktikan keterampilan-keterampilan yang telah dipelajarkan oleh tutor, sehingga dapat meningkatkan kreatifitas warga belajar tersebut.

 

 

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s